Nasional

blog post
Perburuan alat bukti kasus korupsi jilid II yang dilakukan mantan bupati Nganjuk dua periode Taufiqurrahman, terus dilakukan tim penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

 

Sabtu (07 Nopember 2020) salah satu saksi yang cukup penting yakni Suwandi, mantan kepala SMPN 3 Ngronggot mendapat giliran disidik KPK. Pendidik sekaligus seniman Jandut ini akan menghadapi cercaan pertanyaan tim penyidik yang dipimpin Rilo Pambudi mulai jam 09.00 WIB di polres Sidoarjo.

 

Belum ada konfirmasi apakah Suwandi akan diperiksa sendirian atau bersama dengan saksi lainnya. Pantauan LensaMata.com sebelumnya puluhan saksi juga sudah diperiksa terdiri para pejabat Pemkab Nganjuk dan rekanan.

 

Selain itu KPK juga sudah menyita puluhan hektar aset Taufiqurrahman yang setidaknya tersebar di kecamatan Ngetos, Sukomoro dan Pace.

 

Dikonfirmasi terkait pemeriksaan dirinya di Polres Sidoarjo, Suwandi membenarkannya. Menurut Suwandi, dirinya memang sudah menerima surat panggilan pemeriksaan sebagai saksi dari KPK no. Spgl/5004/DIK.01.00/23/11/2020 tanggal 2 Nopember 2020 yang ditandatangani Direktur Penyidikan Setyo Budianto.

 

Dalam surat panggilan ditegaskan sebagai tersangka mantan bupati Nganjuk Taufiqurrahman yang diduga melakukan tindak pidana korupsi yaitu menerima gratifikasi selama masih menjadi bupati Nganjuk mulai 2013-2018.

 

Kepada redaksi LensaMata.com Suwandi  menyatakan siap menghadiri panggilan KPK dan berjanji akan membeberkan semua fakta di depan penyidik.

 

"Ini kesempatan bagi saya untuk membuka fakta terutama yang sebenarnya terlibat dan menikmati uang haram justru sampai sekarang aman-aman saja dan malah masih menduduki jabatan empuk", kata Suwandi.

 

Perlu diketahui Suwandi merupakan satu dari 5 pejabat Pemkab Nganjuk yang terjaring OTT KPK 3 tahun lalu di depan hotel bintang 5 di Jakarta. Kelima pejabat sudah divonis 4 hingga 7 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Surabaya yakni Taufiqurrahman, Ibnu Hajar (kadinas Dikpora), Harianto (kadinas LH), Suwandi dan Rifki (RSUD Nganjuk).

  • Share This Story

Komentar

Buat Komentar