Politik

blog post

Debat final Pilkada bupati dan wakil bupati Nganjuk putaran ke-3 digelar di gedung Joeang 45 pada jam 19.30 hari Rabu (09/05/2018). Debat kali ini sangat berpengaruh terhadap dukungan para calon pemilih di kabupaten Nganjuk dalam Pilbup 27 juni 2018 mendatang.

Tentang pengaruh debat terhadap elektabilitas calon disampaikan oleh Imam Ghozali, SH.MH team advokasi pemenangan Hanung-Bima paslon nomer 2 pada LensaMata.com disela-sela acara debat publik. Imam menyampaikan kalau debat publik sangat berpengaruh signifikan pada dukungan pemilih untuk paslon nomer 2.

“Dari hasil semua survei menempatkan paslon nomer 2 unggul dari paslon nomer 1 dan nomer 3 dan kalau dari hasil survei fluktuatif ada yang menempatkan paslon nomer 2 yang sangat tinggi ada yang selisihnya cukup kecil," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ainul Yakin calon wakil bupati pasangan dari Desi paslon nomer 3. Dirinya sangat yakin kalau debat kali ini mampu mendongkrak elektabilitas bersama pasangannya dan mampu menarik simpatik pemilih Nganjuk.

"Debat kali terakhir ini, saya yakin mampu menaikkan elektabilitas paslon nomer 3, cuman waktu yang diberikan panitia untuk memberikan tanggapan dari pertanyaan paslon lain selama 1 menit tidak mampu menyampaikan visi misinya dengan total," ujarnya juga.

Sedangkan Marhaen calon wakil bupati pasangan Novi paslon nomer 1 sangat yakin sekali dengan debat publik yang ke-3 akan mampu mendulang 70% suara pemilih Nganjuk. Disamping itu ia juga menyesalkan waktu yang diberikan pihak panitia tidak mampu menyampaikan visi misinya dengan full karena waktu yang diberikan cuma 1 menit.

"Seharusnya untuk debat publik yang terakhir, paslon diberi waktu yang lebih panjang dari debat pertama dan yang kedua, bagi saya seharusnya 2 sampai 3 menit," ujarnya.

Dilain pihak menurut ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nganjuk, Agus Rahman Hakim pada LensaMata com sesaat setelah debat publik ke-3 usai mengatakan, kalau pihak KPU sudah menawarkan pada masing-masing paslon melalui Liaision Officer (LO) waktu yang pas buat para paslon.

"Semua paslon melalui LO-nya mengatakan waktu yang diberikan sudah cukup bahkan menurutnya cukup ideal," ujarnya.

Terakhir Agus juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu atas terlaksananya debat publik ke-3. Bahkan ia juga menambahkan untuk debat kali ini dirinya cukup puas walau disana sini masih ada kekurangannya.

"Dari kualitas audio visual sudah cukup bagus dan hal-hal yang tidak diinginkan seperti debat kemaren sudah tidak muncul lagi, ini semua tidak lepas dari partisipasi rekan-rekan media serta pihak-pihak terkait dalam mensukseskan acara ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak," pungkas Agus.

  • Share This Story

Komentar

Buat Komentar